PROFIL


Lokasi:

SMK Negeri 1 Bansari berkedudukan di Dusun Putihan, Desa Campuranom, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung   Kode Pos 56265.

Posisi  Geografis:

  • Posisigeografis : Latitude S 7 17.436 ‘ Longitude E 110 4.309’
  • Ketinggian : 940 meter diatas permukaan air laut, di lereng gunung Sindoro

Program Studi Keahlian dan Kompetensi Keahlian:

  1. Produksi Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
  2. Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik audio Video (TAV)
Kepala Sekolah:
  • Drs. Machfud Herman S
Wakil Kepala Sekolah
  1. WK1 (Kurikulum)  : Yudha Hardiyanto, S.E
  2. WK2 (Kesiswaan)  :  Moch. Sugeng S, S.H
  3. WK3  (Humas/HI) :  Priyo Nugroho, S.T
Ketua Program Keahlian:
  1. Agribisnis : Aprillia Palupi, S.P
  2. Teknik Audio Video : Adin Hartoyo, S.Pd.T
Komite Sekolah

  1. Prof. Dr. Mujiono Abdilah, M.A (Guru Besar IAIN Walisongo Smg)
  2. Sugito, S.Pd (Sekretaris PGRI Kab. Temanggung)
  3. Sunardi, S.Pd (Guru SMPN 1 Bansari)

Visi

Menghasilkan tamatan yang Santun, Mandiri, Aktif, Religius dan Terampil (SMART), kompeten dibidang Audio Video dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura  serta  mampu bersaing ditingkat lokal maupun Nasional

Misi

  1. Menyeimbangkan Pembelajaran IPTEK dan IMTAQ
  2. Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) dan Administrasi sekolah
  3. mendorong terciptanya budaya mutu
  4. Di bidang manajemen, mengadopsi manajemen ISO 9001:2008
  5. menciptakan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan (green campus)
  6. Menjadikan sekolah sebagai pusat informasi pengembangan hortikultura

Contact:
SMK Negeri 1 Bansari
Desa Campuronom Kecamatan BAnsari
Kabupaten Temanggung
Kode Pos 56265
Email : smkn1bansari@gmail.com

46 Komentar Add your own

  • 1. Adi  |  September 14, 2008 pukul 1:36 am

    Perkenalkan nama saya Adi, saya asli Temanggung dan sekarang bekerja di salah satu perusaaan elektronika terbesar di Jawa tengah (Kudus) sebagai desainer Elektronika. Apakah SMK Negeri 1 Bansari masih menerima pengajar Teknik elektronika? saya ingin sekali membantu masyarakat dan anak-anak Temanggung dalam Elktronika.
    Terima kasih

    Balas
    • 2. @Rief  |  November 10, 2010 pukul 2:11 am

      Saya lulusan S-! UNY Jurusan Pend. Biologi, mau nanya bisa gak jadi guru wiyata bhakti dsn??? thanks

      Balas
      • 3. smkn1bansari  |  November 13, 2010 pukul 7:48 am

        terima kasih… di SMK Bansari sudah ada guru Biologi (PNS), itu saja jamnya masih kurang, jadi sampai saat ini belum bisa menerima wiyata bakti biologi. Salam….

  • 4. smkn1bansari  |  September 15, 2008 pukul 7:33 am

    Sepanjang yang saya tahu, pengisian tenag guru SMKN 1 Bansari akan dilakukan melalui tes CPNS tahun 2008. Beberapa hari yang lalu saya di telp petugas BKD Kab. Temanggung meminta data kebutuhan guru Teknik Audio Video dan Budidaya Tanaman Sayuran

    Balas
  • 5. widiyono alias wiwid  |  September 19, 2008 pukul 2:10 pm

    perkenalkan saya widiyono biasa dipanggil wiwid saya asli bansari alamat saya ada didusun bumen desa candisari sekarang saya kuliah di yogya !aku ingin tau kapan sekolah itu selesai pembangunannya dan kapan diresmikan pemakaiannya? kenapa harus budidaya tanaman sayuran?kenapa bukan budidaya tanaman buah?kalau bisa sistem transportasi umum dari dan menuju bansari dipermudah dech soalnya kan angkutan umum menuju bansari itu jumlahnya terbatas apalagi SMk n 1 bansari kan letaknya jauh klo ditempuh dari parakan?
    thanks

    Balas
  • 6. widiyono  |  September 21, 2008 pukul 4:26 am

    kok belum dapat balasan jawaban sich!

    Balas
  • 7. smkn1bansari  |  September 21, 2008 pukul 7:20 am

    Insya Allah SMKN 1 Bansari akan mulai pada tahun pelajaran 2009/2010, tentang peremian, kan sudah diresmikan Mendiknas bersamaan peresmian SMK Jumo dan Tembarak bulan Februari 2008. Kalau budidaya buah buahan perlu lahan praktik yang sangat luas, pemda gak bisa menyediakan, pilihan Budidaya Tanaman Sayuran ini pilihan praktik yang moderat, tidak perlu lahan yang terlalu luas (5000 m). kelihatanya tanaman sayuran ini yang amat mungkin dikembangkan di Bansari, resiko kecil karena cuman memerlukan waktu 3-4 bulan. thks

    Balas
  • 8. widiyono alias wiwid  |  September 24, 2008 pukul 9:40 am

    O BEGITU TOCH!JADI TERBATAS PADA DANA TOW?
    THANK YOU UDAH MEMBALAS PERTANYAAN WIDY

    Balas
  • 9. Putro  |  Oktober 4, 2008 pukul 7:26 am

    Perkenalkan nama saya Saputro, Saya berasal dari Temanggung Kuliah Petanian di Yogya, Saya mau menyanyakan apakah untuk menjadi Guru di SMK Bansari diperlukan kuliah akta4 untuk mata pelajaran pertanian dan teknik elektronika? Kapan seleksi pegawai negri tahun 2008 di Temanggung? Terimakasih atas informasinya.

    Balas
  • 10. smkn1bansari  |  Oktober 5, 2008 pukul 3:11 am

    Sesuai dengan Kepmendiknas tentang standar kompetensi dan kualifikasi guru, memang untuk guru harus lulusan kependidikan atau non kependidikan dengan akta mengajat (akta) IV. Menurut informasi dari BKD Kabupaten Temanggung, pendaftaran CPNS 2008 akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober atau Nivember. Pastinya tidak tahu, kalau sudah pasti Insya Allah akan diumumkan di blog ini. Terima kasih atas perhatiannya

    Balas
  • 11. Putro  |  Oktober 5, 2008 pukul 9:52 am

    Wah kalau belum punya akta 4 berarti belum bisa dong jadi Guru teknik, padahal kalau tenaga guru hanya diambilkan dari tenaga pengajar saja menurut saya kok kurang berkompeten karena tidak ada tenaga ahli yang benar2 berpengalaman dari perusahaan, kasihan muridnya wong gurunya jg ga punya skill yang baik alias ga dong he3x. Usul pak kalau akta 4 nya diambil setelah menjadi guru bisa ga?

    Balas
  • 12. rudy  |  Oktober 6, 2008 pukul 2:21 pm

    apa mereka yang sudah kerja skillnya benar-benar baik? banyak kok orang dah kerja skillnya masih pas pasan. Di SMK kan ada guru tamu dari perusahaan yang memang benar benar ahli, lagian yang nguji kompetensi kan juga dari perusahaan atau asosiasi profesi di bidang masing masing, nyatanya pada lulus kok, meski gak diajar oleh “tenaga ahli”. Kagian kan ada praktik industri di perusahaan selama 4bulan.Jadi gakberalasan lah kalau dikatakan muridnya gak benar benar ahli.Banyak kok mereka yang punya skill hebat dan sudah punya akta IV he..he…

    Balas
  • 13. smkn1bansari  |  Oktober 6, 2008 pukul 3:23 pm

    Menurut saya, tenaga ahli itu penting, tapi tetap diperlukan cara penyampaian yang baik dan benar, tidak mudah kan mentransferi ilmu kepada orang lain? Makanya untuk mengajar dperlukan Akta mengajar (akta IV), maksudnya biar mereka yang ahli bisa mentrasfer keahliannya pada orang lain. Cuman saya mau mengingatkan, banyak orang yang tidak diajar oleh orang yang ahli, tapi bisa menjadi ahli. Perlu diketahui untuk Uji Kompetensi di SMK sekarang sudah dilakukan oleh lembaga independen berupa asosiasi profesi atau lembaga sertifikasi profesi, jadi ada jaminan kalau lulus mereka benar benar sudah kompeten. Jadi tidak perlu ragukan lkemampuan lulusan SMK meskipun tidak diajar oleh ‘tenaga ahli’

    Balas
  • 14. Syaifal  |  November 26, 2008 pukul 6:43 am

    Assalam…nama saya Syaifal Pramudianto, asli Parakan. sekarang saya kuliah di Jogja jurusan Teknik Informatika, jikalau bapak ibu berkenan, saya bersedia ikut membanngun Temanggung, melalui SMK N 1 Bansari. O ya saya juga lulusan Stemba, jurusan THP, Terimakasih

    Balas
  • 15. gage  |  Mei 19, 2009 pukul 2:21 pm

    bravo temanggung

    Balas
    • 16. IWAN  |  September 9, 2009 pukul 2:16 am

      SMK BANSARI TU DIBERI TAMAN DONK

      Balas
      • 17. smkn1bansari  |  September 30, 2009 pukul 11:58 am

        terima kasih, kita masih berorientasi pada sarana dan prasarana dulu, setelah itu baru pada penataan lingkungan termasuk taman…

  • 18. Ari Rustini U  |  Agustus 26, 2009 pukul 2:29 am

    Selamat atas berdirinya SMK N Bansari semoga sukses dan mempertahankan Indonesia sebagai negara agraris. Mengapa tidak dibuka jurusan THP?

    Balas
    • 19. smkn1bansari  |  September 30, 2009 pukul 11:56 am

      trima kasih… untuk THP sudah ada di SMK Negeri 1 Temanggung, jadi kita cari program studi lain agar tidak terjadi duplikasi

      Balas
    • 20. m sugeng mohchammad  |  Januari 28, 2010 pukul 9:19 am

      hay…….kawan2 guru ,mari berjuang demi mewujudkan sekolah2 baru lebih berkualitas

      Balas
  • 21. Ari Rustini Ujiyati  |  Agustus 27, 2009 pukul 1:19 am

    Selamat atas berdirinya SMK N1 Bansari semoga sukses dan mempertahankan Indonesia sebagai negara Agraris.
    Mengapa tidak buka jurusan THP ? Selain bisa membudidayakan kan juga bisa mengolah

    Balas
  • 22. juny  |  Oktober 21, 2009 pukul 1:59 pm

    saya mengucapkan selamat atas berdirinya SMK Negeri 1 Bansari,semoga dengan berdirinya SMK di Kecamatan Bansari memudahkan bagi masyarakat sekitar untuk menyekolahkan putra putrinya yang menurut saya lebih efektif dalam belajar karena tempatnya yang strategis,tidak terlalu memakan waktu menempuh jarak jadi di harapkan bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik2nya.
    sebisa mungkin di harapkan lebih banyak di praktikum karena smk lebih mengutamakan skill kejuruan walaupun formal juga penting.untuk jam belajar sebisa mungkin untuk di tambahin termasuk untuk ekstra yang lainya & memasukan pengenalan sistem komputerisasi untuk bersaing di pasar global nantinya tidak ketinggalan.sekian sementara masukan dari saya.terimakasih.

    Balas
  • 23. smkn1bansari  |  Oktober 21, 2009 pukul 2:53 pm

    Terima kasih atas saran-saran anda. Insya Allah kami akan berusaha memenuhi harapan dari anda dan masyarakat meski dengan dana yang amat terbatas.

    Balas
  • 24. irmiyah  |  Oktober 23, 2009 pukul 11:46 am

    pak herman klo ada lowongan guru bhs. inggris ya pak.terima kasih.saya alumni SMKN 2 Temanggug.

    Balas
    • 25. smk bansari  |  April 14, 2010 pukul 8:04 am

      Sudah ada PNS bahasa Inggris mbak…., Trims

      Balas
  • 26. irmiyah  |  Oktober 23, 2009 pukul 11:49 am

    pak herman tolong klo ada lowongan guru bhs inggris.saya alumni SMKN 2 temanggung.terima kasih

    Balas
  • 27. nana  |  Oktober 23, 2009 pukul 11:52 am

    terimakasih

    Balas
  • 28. ngudi rohmat  |  Desember 29, 2009 pukul 2:05 pm

    selamat atas berdirinya SMK N 1 Bansari smoga dengan berdirinya smk tsebut di atas bisa lebih menggali potensi potensi masyarakat bansari

    Balas
  • 29. alex yulianto  |  Januari 28, 2010 pukul 9:26 am

    pada kelas agribisnis
    JAGUNGE KAPAN PANENE!!!!!1!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 30. CABE BANSARI  |  Maret 22, 2010 pukul 8:07 am

    dah panen perdana… sebentar lagi panen yang lain.Siip thooo!!!

    Balas
  • 31. yuliana setyarini  |  April 12, 2010 pukul 7:28 am

    siang pak herman, kalo ada lowongan kerja di Bansari saya mau pak, jd OB jg mau. saya Graduated from SMKN 2 TEMANGGUNG tahun 2002 thx. bls ya pak herman.

    Balas
  • 32. pioneer of agribusiness  |  April 16, 2010 pukul 11:05 am

    KITA ANAK AGRIBISNIS ………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYOOOO…….!!!!!! TERIAKKKKK……
    SEMANGAT……. DAN BERTEKAT JADI SISWA YG BERKUALITAS
    DAN ANTI KORUPSI””’

    I LOVE U FULL banVocs

    Balas
  • 33. eka agustina  |  April 23, 2010 pukul 9:42 am

    Em…………… Sekolah Di BANSARI enak lo…………. Pemandangannya OK Bagettttttttt……………. Guru2nya Keren

    Balas
  • 34. noe  |  Agustus 29, 2010 pukul 9:03 am

    numpang lewat pak.
    kapan internetnya disambung?
    sd se kecamatan bansari sdh menunggu.

    Balas
    • 35. smkn1bansari  |  Agustus 29, 2010 pukul 9:51 pm

      sudah berkali kali ke Telkom untuk bisa sambung internet melalui teknologi speedy wireless, tapi sampai saat ini belum dapat dilaksanakan. Kalau dari priivider selai telkom terlalu mahal, kasihan kalau jadi beban para siswa. trims

      Balas
      • 36. noe  |  September 6, 2010 pukul 4:36 am

        Sebagai pertimbangan mohon studi banding ke SMKN 1 mgl. Kalo ndak salah mereka menggunakan Indosat M2. Mari kita majukan pendidikan di kecamatan bansari. Bravo SMKN 1 Bansari

      • 37. smkn1bansari  |  September 6, 2010 pukul 2:44 pm

        kami kenal dekat dengan pengelola internet di smkn 1 magelang, bahkan semua pengelola smk yang jadi ICT Center (Pusat Pelatihan dan Pengembangan TIK). Artinya saya tahu kalau SMK 1 Mgl tidak menggunakan Indosat IM2, tapi mereka dapat internet dari depdiknas ditambah dari pemda kota mgl. Saya pernah pakai IM2 sekitar 2 tahun, per bulan 4 juta, kecepatanya kurang bagus karena pakai parabola. Kita nunggu saja teknologi terbaru untuk internet yakni WIMAX . kita tinggu aja mudah mudahan segera asa infrastruktut internet d Bansari

  • 38. yushita  |  November 8, 2010 pukul 12:43 pm

    wah, sya ikut snang dan bangga juga dngan adanya smk di bansari ini , smga dngan adanya smk ini bansari mjd kecamatan yg lbh baik lg…, bwt smkn 1 bansari I love U . pertahankan smgat nya ya…., bwt guru2 nya yg sbar aja ea dlm mghadapi situasi , kndisi dan jga mrid2nya …., terimakasih……..,

    Balas
    • 39. smkn1bansari  |  November 8, 2010 pukul 11:59 pm

      terima kasih

      Balas
  • 40. Thomak  |  April 26, 2011 pukul 1:19 am

    Bravo kampungku, wis ono SMK. mugo2 sak onone sekolah iki tambah maju sing podo tani (lingkungan Bansari) seko Nyong wong Asli Garukem Campuranom, sing sakiki manggon nang Bontang Kaltim

    Balas
  • 41. siswanto  |  April 28, 2011 pukul 6:53 pm

    saya siswanto asli orang boresan sekarang bekerja di sebuah perusahaan asing yang bergerak di bidang agribisnis saya bangga di bansari telah di buka sekolah pertanian semoga bisa mencetak putra daerah yang berkualitas,

    Balas
  • 42. andi  |  Mei 11, 2011 pukul 11:00 pm

    apakah kalo siswa siswi SMK N 1 BANSARI yang sudah lulus akan di dipastikan dapat bekerjaan yang sesuai dengan bidangnya?….

    Balas
    • 43. smkn1bansari  |  Mei 11, 2011 pukul 11:10 pm

      tak ada satu sekolahpun yang bisa memastikan lulusannya untuk bekerja. Bahkan sekalas ITB atau UGM pun tak akan bisa memastikan lulusanya bekerja kecuali sekolah yang ikatan kedinasan. Pekerjaan itu tergantung orang itu sendiri, sekolah hanya memberikan jalan, fasilitas, mencari celah, memberi kesempatan dan menghubungi perusahaan untuk merekrut lulusan. Tapi tetap ada pola seleksi di dalamnya yang dilakukan perusahaan.

      Balas
  • 44. mery  |  Februari 11, 2012 pukul 2:08 pm

    adakah lowongan untuk guru BP?

    Balas
    • 45. smkn1bansari  |  Februari 12, 2012 pukul 2:30 am

      Trims atas atensinya. Guru BP memang belum ada, padahal keberadaanya sangat penting. Kabarnya tahun ini pemda sudah dapat ijin untuk mengadakan rekruitmen guru (PNS) untuk memenuhi kebutuhan guru. Kita lihat saja nanti apa benar benar bisa terlaksana. Dengan demikian kami sekolah belum berani merekrut guru wiyata bakti, jangan sampai sudah terlanjur rekreut guru wiyata bakti kemudian datang guru PNS. Salam

      Balas
  • 46. mery  |  Februari 12, 2012 pukul 7:38 am

    terima kasih atas infonya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: